Story Telling Bunda Ida

Story Telling

Rabu, 10 Juli 2013

All About Story telling for kids ( mendongeng )

Menurut studi terbaru, dongeng dapat meningkatkan kinerja otak dengan cara mengoptimalkan imajinasi dan kreativitas anak, seperti dirilis Times of India. Jo Blake Cave, seorang pendongeng asal Inggris mengatakan, ”dongeng adalah bentuk seni konvensional yang bisa mengantarkan anak-anak pada imajinasi tingkat tinggi dalam visualisasi plot dan karakter.” “Pada dasarnya emosi tertentu bersifat universal. Begitu juga dengan dongeng. Tantangan kita adalah membuat cerita tersebut tetap hidup,” tambah Jo. Banyak pakar di seluruh dunia berbicara tentang ‘mati’nya imajinasi anak-anak sebagai dampak dari perkembangan teknologi seperti internet dan jejaring sosial. Mendongeng merupakan langkah yang tepat untuk menghidupkan kembali matinya imajinasi tersebut, sekaligus meningkatkan ikatan emosional antara ibu dan anak agar anak menjadi lebih kreatif.

Jumat, 05 Juli 2013

LEMBAR KEGIATAN HARIAN ANAK RAUDHATHUL ATHFAL (RA )USIA 4 - 6 TAHUN

TEMA : Diri Sendiri Subtema : Aku dan Amaliah Ramadhan Hari Senin, 15 Juli 2013 (Agama & Moral)  Perkenalan Akhlak Prilaku  Perkenalan Bahasa  Perkenalan Kognitif Sains  Perkenalan Matematika  Perkenalan Fisik Motorik Kasar  Perkenalan Motorik Halus  Perkenalan Seni  Mewarnai gambar wajah anak Wajah anak gambar boneka tangan Selasa, 16 Juli 2013 (Agama & Moral)  Shalat dhua (MA. 4) Akhlak Prilaku  Berdo’a niat puasa (AP. 1.2) Tulisan doa niat puasa Bahasa  Bernyanyi lagu sederhana Kognitif Sains  Mengestimasi apabila orang tanpa nama Praktek Langsung Matematika  Bermain nama apabila dipanggil harus melompat (PF. 42) Praktek Langsung Fisik Motorik Kasar  Bermain nama apabila dipanggil harus melompat Praktek Langsung Motorik Halus  Menarik garis datar/tegak B2 (a.A) Seni  Mengisi pola nama sendiri (S.3.2)   Rabu, 17 Juli 2013 (Agama & Moral)  Menghafal surat Al-Fatihah (MA.4.1) Tulis Surat Al Fatihah Akhlak Perilaku  Menirukan Adzan (AP.II) Gambar anak sedang adean Bahasa  Menyebutkan nama ayah, ibu, kakak, adik, (PB.3) & Alamat Kognitif Sains  Observasi bagian-bagian tubuh (PK.28) Matematika  Membuat grafik jenis kelamin (PK.8) Grafik Fisik Motorik Kasar  Mengerakan kepala, badan, & Kaki (PF. 7.1) Praktek langsung Motorik Halus  Menebalkan bentuk lingkaran (PF.12) Seni  Meniru & Menuliskan angka (S.7) Kamis, 18 Juli 2013 (Agama & Moral)  Praktek langsung besedekah/infaq (MA 1) Akhlak Perilaku  Praktek Langsung anak dapat menghormati orang yang berpuasa (AP 2) Praktek langsung Bahasa  Tanya jawab “Puasa” (PB.3) Bernyanyi “rukun islam” Lagu rukun Islam Kognitif sains  Konsep waktu “mulai puasa dan buka puasa” ( PK 29 ) Praktek dengan jam mainan Matematika  Mencontoh angka ( PK 2 ) Tulisan angka B2 (6,7,8,9,10) B1 + Kel A (2 ) Fisik Motorik Kasar  Melompat dengan 2 kaki kedepan dan kebelakang ( PF4.2) Praktek langsung Fisik Motorik halus  “finger painting jemariku” (PF) Kertas kosong diatas ada contoh gambar 5 jari Seni  Membentuk kue lebaran dengan plastisin (5,2,1) Lilin / plastisin malam   Jum’at, 19 Juli 2013 (Agama & Moral)  Praktek Berpuasa s.d Pukul 10.00 WIB Pratek Langsung Akhlak Perilaku  Mengulang niat berpuasa (AP.2) Mengulang ap Tgl 16 Bahasa  Bercerita gambar “Berpuasa” (PB 9) Cerita tentang Kognitif Sains  Observasi Ciri-ciri anak laki-laki & Perempuan (PK.28) Matematika  Mengerjakan maze “Mencari mobil & Boneka Nina & Doni Maze Mobil & Boneka Fisik Motorik Kasar  Melempar bola (PF.8.1) Motorik Halus  Menggunting “Kue Lebaran” (PF. 15.1) GAmbar kue Seni  Menulis HUruf Arab (S.7) Tema : Diri Sendiri Sub Tema : Aku & Amaliah Ramadhan Senin, 22 Juni 2013 (Agama & Moral)  Menghadal surat al-fatihah (MA.4) Mengulang tanggal 17 Akhlak Perilaku  Doa berbuka puasa (AP.1) Do’a berbuka puasa Bahasa  Menyebutkan (PB.3) Mananan yang disajikan Gambar makanan & Minuman kesukaan anak/saat puasa Kognitif Sains  Mengelompokan teman berdasarkan jenis kelamin (PK. 28) Praktek Langsung Matematika  Memperkenalkan bentuk geometri (PK.4) Fisik Motorik Kasar  Berjalan diatas titian (PF.3.1) Kursi Panjang Motorik Halus  Menarik garis membentuk lengkung 1 – 10 Seni  Mewarnai gambar makanan lebaran (s.S) Gambar Makanan Lebaran   Selasa, 23 Juni 2013 (Agama & Moral)  Mengenal arti zakat fitrah (MA.7) Arti Zakat Akhlak Perilaku  Mengenal tata cara zakat fitrah (AB 1) Praktek Langsung Bahasa  Menyanyi “dua mata saya” (PB.S.1) Lagu “Dua mata saya” Kognitif Sains  - Matematika  Maze “Menuju Masjid (PK. 22) Gambar maze orang menuju masjid Fisik Motorik Kasar  Menggerakan anggota tubuh di tempat (PF.11) Praktek Langsung Motorik Halus  Menulis huruf (A.a, B.b, C.c, D.d) Seni  Mengarsir Ketupat Rabu, 24 Juni 2013 (Agama & Moral)  Menyebutkan sifat Allah “Allah Maha Besar” (MA. 1) Tulisan Akhlak Perilaku  Menjaga kebersihan badan (AP 4.3) Gambar kebersihan Bahasa  Mengucapkan sajak “aku” Sajak “aku” Kognitif Sains  Demonstrasi es mencari (PK. 24) Gambar es batu mencair Matematika  Menarik garis sesuai bilangan (PK. 2) Gambar 1-3 dan Fisik Motorik Kasar  Pantonim (PF. 6.2) Praktek Langsung Motorik Halus  Menulis angka (PF. 2) 11, 12, 13, 14, 15 Seni  Mewarnai Tulisan kaligrafi (S.2.1) Gambar /tulisan Rabu, 25 Juni 2013 (Agama & Moral)  Sholat dhua (MA. 4) Praktek Langsung/ gambar gerakan sholat Akhlak perilaku  Mengucapkan kata-kata maaf, minta tolong terima kasih (Ap. 22) Praktek Langsung Bahasa  Menyebutkan permainan kesukaanku Permainan Kesukaan anak Ps/LK Kognitif Sains  Observasi ciri-ciri tubuh (Pk.24) Gambar tubuh manusia Matematika  Mengelompokan orang berdasarkan cirri-cirinya Gambar tubuh manusia Fisik Motorik kasar  Ritmik Praktek langsung Motorik halus  Melipat topiku Kertas kosong untuk menempel Seni  Mewarnai gambar anak Gambar anak Pr/Lk Kamis, 26 Juni 2013 (Agama & Moral)  Sholat dhua (MA. 4) Mengulang tanggal 25 Akhlak perilaku  Disiplin (Ap.4) Gambar anak masuk sekolah Bahasa  Mengenal posisi (PB. 7.1) Kognitif Sains  Memasukan batu kedalam air & plastic (Pk. 24) Batu, Air Matematika  Bermain puzzel Puzzle Fisik Motorik kasar  Senam fantasi (Pk. 4) Praktek langsung Motorik halus  Mencocok gambar geometri (PF.15.2) Mencocok gambar Seni  Menggambar orang dan bagian-bagiannya (S.1) Gambar anak & kertas Kosong Jum’at, 29 Juni 2013 (Agama & Moral)  Menyebut ciptaan Allah (MA.6.1) Praktek langsung Akhlak perilaku  Tepat waktu berangkat kesekolah (AP.44) Dongeng / cerita Bahasa  Bercerita tentang disiplin Dongeng tepat waktu kesekolah Kognitif Sains  Mengelompokan warna kesukaan (PK.28) Gambar boneka & mobil warna-warna dengan tulisan warna (merah dan biru) Matematika  Membilang 1 s.d 10 (Pk.3) Praktek langsung Fisik Motorik kasar  Merayap dengan rintangan (PF.12) Praktek langsung Motorik halus  Mencontoh bentuk sederhana ketupat (PF.12) Gambar ketupat Seni  Melukis dengan kuas “kue lebaran” (S.5) Gambar Kue lebaran Sabtu, 30 Juni 2013 (Agama & Moral)  Melakukan praktek shalat idul fitri (MA.8.3) Gambar shalat idul fitri berjamaah Akhlak perilaku  Mengulang niat & berbuka puasa (AP. 12) Mengulang do’a niat & berbuka puasa Bahasa  Menyanyi “baju baru” Lagu baju baru Kognitif Sains  Percobaan sendok didekatkan dengan magnet (PK. 27.1) Magnet & sendok gambarnya saat didekat Matematika  Menulis angka B2 (16-20) B, + kel.A(4) Fisik Motorik kasar  Lomba melompat engkle (PF.4.4) Praktek langsung Motorik halus  Melipat gambar baju lebaranku (PF.21) Kertas lipat & buku gambar Seni  Kolase Sajadah (S.32) Gambar Sajadah Sabtu, 30 Juni 2013 (Agama & Moral)  Idem Akhlak perilaku  Tata cara silaturahmi (AP.2) Gambar anak silaturahmi Bahasa  Melafadzkan kalimat “takbiran” Kalimat takbiran Kognitif Sains  Membersihkan kuku (PK. 25) Praktek langsung Matematika  Menulis huruf B2 (E – H) B, +kel.A(B-E) Fisik Motorik kasar  Bergerak bebas sesuai irama musik Praktek langsung Motorik halus  Menjiplak gambar buah kesukaan ku (PF. 22) Gambar buah apel/jeruk Seni  Menggambar sajadah (S.1) Gambar dibuku gambar

LEMBAR KEGIATAN HARIAN KELOMPOK BERMAIN USIA 3 - 4 TAHUN

TEMA : Aku & Amaliah Ramadhan Hari Selasa, 16 Juli 2013 08.00 – 08.12 (Agama & Moral)  Menirukan gerakan berdoa/Sholat 08.12 – 08.24 Motorik Kasar  Berjalan dengan berjinjit 08.24 – 08.36 Kognitif  Menyebutkan bagian-bagian suatu gambar.  Mengenal konsep ukuran, bentuk, dan pola, memahami konsep ukuran besar kecil, Panjang – pendek. 08.36 – 08.48 Bahasa  Hapal beberapa lagu anak sederhana Mengungkapkan Bahasa  Menggunakan kata Tanya yang tepat 08.48 – 09.00  Mulai bias mengungkapkan ketika ingin bak & Bab   Rabu, 18 Juli 2013 MA & Nilai  Memahami perilaku berlawanan (Baik – buruk, benar-salah, sopan – tidak sopan) Mendongeng “Aku Anak sholeh & Sholehah” Motorik  Motorik Kasar Berlari sambil membawa sesuatu yang ringan (seperti Bola Permainan Sudut  Motorik Halus Menuang Biji-bijian ke dalam mangkok Praktek : Mengisi Gelas dengan biji-bijian satu persatu Permainan Sudut Kognitif  Pengetahuan umum Melengkapi gambar wajah orang  Mengenal konsep, bentuk & ukuran Memasukan balok pasak Bahasa  Menerima bahasa Pura-pura membaca cerita bergambar dengan kata-kata sendiri Kunjungan ke TBM Aulia  Mengungkapkan Bahasa Menyatakan keinginan dengan mengucapkan kalimat sederhana Bertanya tentang keinginan anak tentang buku apa yang ingin di lihat di baca Sosial emosional  Mengulang kegiatan hari selasa   Senin, 22 Juli 2013 MA & Nilai  Menirukan do’a Pendek Motorik Kasar  Melompat kedepan & Kebelakang dengan 2 kaki Praktek Melompat Motorik Halus  Memasukan benda kecil/bijian ke dalam botol Memasukan biji ke dalam botol Kognitif Pengetahuan umum  Menyebut bagian-bagian dari wajah Mengenal konsep & Ukuran  Mengikuti pola tepuk tangan Praktek Tepuk anak sholeh Bahasa Menerima Bahasa  Memahami cerita/dongeng sederhana Bercerita tentang romadhon Mengungkapkan bahasa  Menceritakan pengalaman anak secara sederhana tentang amaliah Romadhon Bercerita untuk berpuasa Sosial Emosional  Budaya antri & menunggu giliran Bercakap-cakap   Selasa, 23 Juli 2013 MA & Nilai  Terbiasa mengucapkan salam, maaf, terima kasih Praktek Motorik Kasar  Naik Turun tangga dengan kaki bergantian Praktek Motorik Halus  Melipat Kertas walaupun blm Rapi & Lurus Melipat Kertas lipat menjadi 2 lipatan Kognitif  Mewarnai angka 1 sesuai dengan jumlah gambar Mengenal Konsep & ukuran  Mengenal 3 macam bentuk Menerima Bahasa  Memahami 2 perintah yang diberikan bersamaan Mengambil 2 bentuk dalam bentuk permainan dan menyimpan Mengungkapkan bahasa  Menceritakan penalaman anak secara sederhana tentang aku Menceritakan kegiatan anak sepulang sekolah Sosial Emosional  Bersabar menunggu giliran Berbaris antri untuk cuci tangan   Rabu, 24 Juli 2013 MA & Nilai  Mulai memahami arti kasih saying terhadap ciptaan tuhan Permainan dengan teman Motorik Kasar  Meniti diatas papan titian yang lebar Praktek Motorik Halus  Mengkoodinasikan jari tangan cukup baik untuk memegang Benda kecil Memegang sikat gigi Kognitif  Menebalkan angka 1 dengan gambar mulut Mengenal Konsep & ukuran  Mengisi pola lingkaran Kolase Menerima Bahasa  Melaksanakan 2 perintah Perminan memegang bagian-bagian wajah dulu-duluan pegang mata dalam pipi dll Mengungkapkan bahasa  Menceritakan pengalaman sendiri secara sederhana tentang aku Menceritakan kegiatan anak sebelum berangkat sekolah Sosial Emosional  Bersabar menunggu giliran Berbaris antri untuk cuci tangan   Senin, 29 Juli 2013 Moral & Nilai Agama  Menirukan do’a niat puasa Motorik Kasar  Melempar & Menangkap Bola Praktek Motorik Halus  Menjahit Bentuk Wajah Gambar wajah bahan darikertas kardus & tali sepatu Pengetahuan Umum  Mengenal 5 bagian tubu (Kepala, Badan, Tangan, Kaki, kulit) Menunjuk Gambar bagian-bagian tubuh Mengenal Pola Bentuk  Mengisi Pola Segitiga dengan kain planel Menerima Bahasa  Melaksakan 2 perintah (mengambil) mainan di atas meja diberikan kepada guru Permainan Estafet   Selasa, 30 Juli 2013 Moral & Nilai Agama  Menirukan doa bua Puasa Motorik Kasar  Melompat turun dari ketinggian + 20 cm Praktek Motorik Halus  Menggunting kertas tanpa pola Praktek Pengetahuan Umum  Mengenal 5 bagian tubuh (Kepala, Badan, Tangan, Kaki, kulit) Menunjuk gamar bagian-bagian tubuh Mengenal Pola Bentuk konsep dan Ukuran  Mengisi pola persegi dari biji-bijian dan kacang hijau Bahasa  Permainan memindahan benda antara teman sambil mendengarkan music sampai berhenti   Rabu, 31 Juli 2013 Moral & Nilai Agama  Doa Masuk Mesjid Motorik Kasar  Mencari menirukan irama Senam sajojo Motorik Halus  Memasukan sumpit ke dalam botol Praktek Kognitif Pengetahuan umum  Memahami 2 hal dari jenis yang sama seperti pisang & Rambutan Demontrasi Mengenal pola benutk konsep & Ukuran  Mengenal konsep banyak & sedikit Praktek dengan bagian muka Bahasa Menerima bahasa  Pesan berantai

Senin, 01 Juli 2013

JADWAL KEGIATAN KELOMPOK BERMAIN ( KOBER ) IBADURROHMAN

JADWAL KEGIATAN KELOMPOK BERMAIN ( KOBER ) IBADURROHMAN KELOMPOK USIA 2TAHUN - 4 TAHUN. HARI Senin - Rabu , WAKTU 07.30 - 07.45 Berbaris,ikrar,senam otak. 07.45 - 08.00 Shalat Dhuha berjamaah.( moral Agama& nilai ) 08.00 - 09.00 Kegiatan Inti.( Bahasa,kognitif,motorik,sosial emosional ) 09.00 - 09.20 ISTIRAHAT ( Makan bersama in door dan bermain out door ) 09.20 - 09.30 EVALUASI & Persiapan Pulang

Sabtu, 29 Juni 2013

SYAIR KU ^_^ 17^_^ ( MENTARI)

oleh Ida Susanti (Catatan) pada 14 September 2010 pukul 17:25 MENTARI ( Ketika Perjalanan jauh yang melelahkan ) Siang terik mambakar lenganku yang telanjang, Dengan apik kau ikuti perjalananku yang panjang, Tanpa pedulikan peluhku yang meradang, Kau tetap tunaikan titahNya dengan garang. Kau dan aku berada dalam dua belahan, Kau dan aku buah karya Tuhan, Meski kita terlalu banyak perbedaan, Kumohon beri aku sedikit kesejukan, Agar aku tetap mampu bertahan.

SYAIR KU ^_^ 16 ^_^HENING (MISSING MY LENNY)

oleh Ida Susanti (Catatan) pada 14 September 2010 pukul 22:52 HENING ( kangen for Lenny Susanti ) Udara malam dingin bagai es membeku, Merasuk lalui celah pori pori ujung kuku, Membuat merinding sluruh bulu kudukku, Bak jiwa merana diam terpaku. Duuh… Malam yang dingin lagi senyap, Bolehkah aku selalu berharap, yang pergi kembali menghadap, Agar sesalku tak terlalu mengendap.

SYAIR KU ^_^ 15^_^ ( PERMOHONAN )

oleh Ida Susanti (Catatan) pada 23 September 2010 pukul 23:21 PERMONONAN Ketika sepenggal ruang otak telah jenuh, Tak ada lagi ide seolah menjauh, Terbang bersama serangkaian keluh, Yang tak mungkin dapat kurengkuh, Ya Allah yang maha kuasa, Curahkan untuk ku kekuatan penghilang asa, Tak ada yang tak mungkin segalanya bagi mu, Agar aku senantiasa istiqomah dijalan mu.